Tuesday, November 14, 2006

Buah Tangan Mbojo

Buah Tangan Mbojo

Bila datang ke Pulau Sumbawa, Anda harus rajin bereksplorasi. Mencari sendiri objek wisata, makanan tradisional, hingga kerajinan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Informasi tentang semua itu masih sangat sedikit.

Jika ingin membawa buah tangan kue kering dan jajanan basah seperti kue beras dan lumpur khas Mbojo atau Bima, eksplorasilah Kampung Melayu. Pasangan Khalid Ahmad dan Farida, misalnya, melayani berbagai berbagai pembuatan kue. Kreasi mereka sering dijadikan oleh-oleh. Sudah dibawa ke Bali, Surabaya, hingga Jakarta.

Kalau ingin membeli kain tenun, bisa datang langsung ke penenunnya di Desa Ntobo dan kawasan Donggo. Jika tidak ingin repot, datang saja ke Raba Dompu Kota Bima. Beberapa rumah di kawasan itu sudah menjadi sentra perajin kain tenun.

Anda juga bisa datang ke Toko Suvenir Muthmainah yang terletak di pusat Kota Bima. Menyediakan aneka kain tenun, kerajinan mutiara air laut, tawar, madu, hingga minyak Sumbawa. Sundari, pemiliknya, juga menyediakan home stay yang sangat layak dijadikan pilihan menginap.

Khusus kerajinan mutiara, Anda akan disodori berbagai pilihan. Harganya bervariasi. Mulai Rp.20 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenis, kualitas, juga ikatannya. (S-1)

No comments: